Perbedaan Sablon Digital dan Sablon Bakar pada Mug Keramik

mug mini 7

Dalam dunia sablon khususnya sablon mug yang berbahan keramik, terdapat berbagai cara untuk menyablon. Istilah gampangnya ada beberapa cara untuk memberi gambar atau tulisan pada mug, antara lain dengan cara digital (press dengan tinta sublim), menggunakan kertas decal, sablon bakar, sablon manual (biasa) dan lain-lain. Bahkan ada cara yang lebih praktis tetapi sangat tidak disarankan walaupun ternyata ada juga yang melakukan meskipun jarang, yaitu dengan ditempel stiker transparan. Mengapa tidak disarankan? Karena cara ini tentu tidak awet, ketika dicuci stiker akan mudah hilang. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai perbedaan sablon digital dan sablon bakar pada mug keramik, untuk sablon dengan cara lain akan dijelaskan kemudian.

Perbedaan Sablon Digital dan Sablon Bakar pada Mug Keramik.

Pada sablon bakar membutuhkan suhu sampai 700 derajat celcius. Hal ini dilakukan agar gambar atau tulisan sablonnya dapat menyatu dengan mug keramik. Tentu kita harus punya oven besar yang dapat menghasilkan suhu sangat tinggi tersebut. Hasil sablonnya sangat tahan lama, bisa tahunan atau puluhan tahun asal tidak pecah karena jatuh atau karena kecelakaan lainnya. Tapi sayang kualitas gambar tidak bisa sebagus mug digital dan pemesanannya tidak bisa satuan, biasanya ada minimal order sekitar 100 biji. Oleh karena itu orang lebih memilih sablon digital. Hasilnya bening dan bisa kualitas foto. Selain itu orderannya pun bisa satuan, tidak perlu sampai puluhan bahkan ratusan karena sablon digital tidak perlu oven, hanya perlu printer sublim dan mesin press mug yang harganya terjangkau. Tetapi sablon digital ini tidak bisa seawet sablon bakar karena hasil sablonnya tidak menyatu dengan mug seperti sablon bakar, sablon digital hanya menempel pada media coating yang ada pada mug. Agar mendapat hasil yang maksimal atau tahan lama maka Anda harus mencari bahan mug dengan coating yang bagus atau tidak mudah terkelupas.

Kertas Warna juga menyediakan bahan mug dan gelas yang sudah dicoating. Untuk info lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *