Mengapa Hasil Press Mug Tidak Bagus?

Bagi pengusaha digital printing khususnya yang bergerak di bidang Mug digital tentu pernah mengalami hasil yang kurang maksimal pada mugnya. Biasanya hasil yang kurang maksimal pada mug bisa berupa :

  1. Hasil press buram, warna tidak solid atau tidak keluar warna
  2. Warna yang tidak merata pada mug, biasanya pada bagian tepi
  3. Warna blobor
  4. dan lain-lain

Nah, mengapa hasil press mug bisa tidak bagus? Banyak kasus atau masalah yang kami temui dan tentu menyebabkan hasil yang kurang maksimal.

  1. Apabila hasil press buram atau warna seperti tidak keluar maka harus dipastikan bahwa Anda menggunakan minimal kertas Inkjet sebagai kertas transfernya, jangan menggunakan kertas HVS. Untuk hasil yang lebih bagus disarankan menggunakan kertas sublim. Harga kertas sublim bervariasi antara 1000-2000 per lembar. Menurut kami, menggunakan kertas inkjet sudah cukup bagus. Kertas ini tersedia di toko kertas, toko komputer atau toko buku semacam Gramedia juga ada, harga juga bervariasi tergantung merk, antara 350-600 per lembar.
  2. Apabila warna pada sablon mug tidak merata (biasanya di bagian tepi) maka bisa jadi penekanan pada press mug kurang kuat. Atau media cetak terlalu panjang sehingga tidak ikut kena press, biasanya media cetak yang digunakan adalah 20 x 8 cm.
  3. Apabila penekanan sudah kuat tetapi hasil tetap tidak merata maka bisa jadi pengaturan suhunya tidak sesuai ketentuan. Silahkan cek pada buku manual karena settingan suhu berbeda-beda tergantung merk pada press mug yang Anda pakai.
  4. Apabila warna blobor maka bisa jadi tinta yang Anda gunakan bukan tinta sublim. Pastikan tinta yang digunakan adalah tinta sublim, bukan tinta pigmen/durabrite apalagi dye. Jikalau Anda menggunakan kertas sublim maka setelah proses cetak (print) perlu didiamkan atau dikeringkan dahulu sekitar 5 menit, hal ini berbeda apabila Anda menggunakan kertas inkjet yang langsung kering setelah proses pencetakan menggunakan printer.
  5. Apabila Anda pernah mengalami kertas transfer yang lengket ketika selesai proses press maka bisa jadi hasil coating mug kurang matang atau kualitas coatingnya yang memang tidak bagus.
  6. Apabila dirasa Anda sudah melalui prosedur yang benar tetapi hasil masih kurang bagus maka pastikan kertas inkjet atau sublim tidak terbalik saat proses print karena hasilnya sangat berpengaruh. Gunakan sisi yang halus pada kertas inkjet, bukan yang kasar.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah Anda hanya bisa menggunakan printer dengan merk Epson saja karena tinta sublim yang tersedia di pasaran hanyalah untuk printer Epson.

Semoga artikel ini cukup membantu.