Jenis-Jenis Tinta Printer

epson

Printer yang beredar di pasaran sangatlah banyak, tapi pada umumnya merk yang beredar adalah Epson, Canon, HP dan Brother. Yang paling umum dipakai oleh masyarakat awam adalah Canon karena harganya yang murah dan cocok untuk orang rumahan yang penggunaannya jarang. Selain itu Canon juga cocok untuk mahasiswa yang bikin skripsi. Untuk percetakan (bikin ID Card, mug digital) printer yang dipakai biasanya adalah merk Epson. Mengapa Epson? Karena selain lebih kuat secara mekanik dan head printernya, ternyata hanya Epson yang memiliki pilihan jenis tintanya. Jadi Epson lebih fleksibel.

Jenis-jenis tinta printer.

Ada 3 jenis tinta printer yang umum di pasaran dan sering digunakan serta dapat digunakan pada printer merk Epson, yaitu : dye, durabrite/pigment dan sublim.

Nah, apa beda dari jenis-jenis tinta printer tersebut? Begini penjelasannya.

  1. Dye. Tinta ini berbahan dasar air dan paling murah serta cocok untuk cetak dokumen atau teks. Kelemahannya adalah dia mudah pudar apabila terkena sinar matahari, dan juga mudah pudar apabila hasil cetakan disimpan ditempat yang lembab. Media kertas yang dapat diprint menggunakan tinta ini adalah kertas HVS, kertas glossy, kertas silky, kertas ID Card PVC (tidak disarankan untuk PVC meski bisa karena akan pudar). Tinta dye tersedia untuk semua merk printer.
  2. Pigment/durabrite. Tinta ini berbahan dasar minyak. Jika dibandingkan dengan tinta dye maka tinta ini jauh lebih tahan lama, tidak pudar dan anti air. Sangat cocok untuk ID Card PVC terutama untuk member card atau Kartu Tanda Mahasiswa yang bakal dipakai sampai tahunan. Secara umum tinta ini hanya ada untuk merk Epson.
  3. Sublim. Tinta ini merupakan tinta koloid yang sudah disesuaikan untuk printer khusus Epson. Sampai saat ini masih belum tersedia juga tinta sublim untuk merk lain selain Epson. Tinta sublim atau lebih dikenal dengan sebutan tinta sablon merupakan tinta khusus yang digunakan untuk mencetak gambar dan ditransfer dengan menggunakan mesin heat transfer ke media seperti baju, tas, keramik, mug, dan lainnya.

Sebenarnya masih ada lagi jenis tinta yang beredar, yaitu tinta DTG (Direct to Garment). Tinta khusus untuk printer Epson yang bisa digunakan untuk mencetak pada kaos atau kain tanpa menggunakan transfer paper, jadi penggunaannya langsung pada kain/kaos. Selain itu juga ada tinta edible yang digunakan khusus untuk makanan, biasanya dicetak pada kertas khusus berbahan dasar gula dan kemudian diletakkan di atas kue tart atau coklat sehingga memiliki motif gambar atau bahkan bisa foto. Tinta ini biasanya tersedia untuk printer Canon dan Epson.

Artikel terkait : Memilih printer yang Sesuai Untuk Bisnis Suvenir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *