Cara Sablon Kaos Digital

Sebenarnya ada beberapa macam cara sablon kaos, tapi yang paling praktis dan mudah adalah menggunakan sistem digital.  Sistem digital ini pun ada beberapa macam cara juga, ada yang menggunakan transfer paper dan ada yang menggunakan sistem DTG (Direct to Garment). Mengapa praktis dan mudah? Karena untuk membuatnya tidak perlu harus dalam jumlah banyak. Satu kaos pun bisa digarap. Hal ini tentu berbeda dengan sablon manual yang harus mencetak atau membuat dalam jumlah banyak dan desain harus sama. Sablon kaos digital yang menggunakan transfer paper adalah sablon yang paling mudah karena hanya memerlukan transfer paper yang diprint kemudian dipress menggunakan alat press ke media kaos.

Detail cara sablon kaos digital menggunakan transfer paper adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan desain di komputer menggunakan software pembantu, seperti Corel Draw atau Photoshop. Desain bisa berukuran A4 atau A3 tergantung kebutuhan, transfer paper, ukuran printer yang dimiliki dan alat press yang dimiliki.
  2. Cetak atau print desain tadi ke transfer paper khusus kaos. Apabila kaos yang akan dipress merupakan kaos putih maka transfer paper yang digunakan adalah jenis LIGHT sedangkan apabila kaosnya berwarna (hitam, merah dll) maka transfer paper yang digunakan adalah jenis DARK. Transfer paper juga ada yang berukuran A4 dan A3. Transfer paper dapat dibeli di toko komputer atau toko buku seperti Gramedia. Harganya bervariasi tergantung merk, berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 100.000. Untuk printer dapat menggunakan printer biasa (Epson, Canon dll) dan tinta biasa (dye) tapi jenis pigment juga lebih baik. Hal yang terpenting adalah apabila cetak di Transfer Paper LIGHT maka mode cetaknya adalah MIRROR atau dibalik, sedangkan Transfer Paper Dark tidak.
  3. Setelah diprint maka tunggu sekitar 5-10 menit agar hasil cetak benar-benar kering. Setelah kering maka transfer paper dikelupas dan diletakkan di atas kaos. Apabila menggunakan Transfer Paper Light maka letakkan terbalik di atas kaos, sedangkan Transfer Paper Dark tidak dibalik.
  4. Letakkan kertas minyak atau kertas anti panas di atas Transfer Paper. Kertas ini sudah satu paket dalam pembelian Transfer Paper. Jadi apabila dirunut dari bawah maka yang paling bawah adalah kaos, kemudian di atas kaos adalah Transfer Paper dan di atas Transfer Paper adalah kertas minyak.
  5. Proses peletakan kaos, transfer paper dan kertas minyak adalah di atas alat press. Atur agar transfer paper tertutup semua oleh kertas minyak. Siapkan suhu alat press 250 derajat celcius selama 12 detik. Setelah siap semua maka kaos bisa dipress.
  6. Setelah dipress selama 12 detik maka kertas minyak segera dikelupas atau diangkat.

Kaos selesai di sablon. Demikian cara sablon kaos digital.

One thought on “Cara Sablon Kaos Digital

  1. cara sablon seperti yang diajarkan disini memang salah satu teknik sablon paling cepat dan efektif untuk memberikan hasil print atau sablon yang memuaskan dan cepat terutama dibandingkan dengan sablon manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>