Cara Membuat ID Card PVC

ID Card 1

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat ID Card. ID Card yang kami maksud di sini adalah ID Card bahan PVC bukan kertas biasa yang diprint atau cetak sablon. ID Card PVC ini bentuk dan ukurannya mirip dengan ATM, semacam ATM BCA, BNI, Bank Mandiri dan lain-lain. ID Card ini biasa juga dipakai sebagai Member Card atau komunitas anggota tertentu bahkan sebagai Kartu Tanda Mahasiswa. Kertas Warna pun juga selalu mendapat proyek untuk pengerjaan KTM untuk mahasiswa baru IKIP Budi Utomo Malang pada tiap tahunnya. Karena harga yang lumayan murah maka peminatnya cukup banyak karena lebih terlihat elegan, apalagi bisa diberi foto dan warnanya pun bisa full colour.

Nah, sebelum melangkah ke cara membuat ID Card PVC, maka yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  1. Komputer, untuk mendesain. Software yang dipakai bisa menggunakan Photoshop atau Corel Draw atau software lain yang mendukung.
  2. Printer Epson dengan tinta pigment atau durabrite. Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan tinta Dye atau tinta biasa tetapi hasilnya tidak bagus sehingga sangat tidak direkomendasikan menggunakan tinta biasa.
  3. Kertas PVC. Kertas ini dalam 1 set terdiri dari 3 lembar, yaitu 2 lembar kertas yang bisa diprint dan 1 lembar PVC yang kaku.
  4. Laminator, berfungsi untuk melekatkan PVC
  5. Plong ID card untuk memotong atau plong menjadi ID Card
  6. Tang plong ID card, berfungsi untuk membuat lubang tempat jepit pada bagian atas ID Card.

Cara membuat ID Card PVC :

  1. Silakan membuat desain ID Card di komputer dengan menggunakan Corel Draw atau Photoshop dengan ukuran 5,4 x 8,6 cm. Posisi (portrait atau landscape) bisa Anda sesuaikan tergantung kebutuhan.
  2. Ketika akan mencetak di printer maka Anda harus set mirror pada Setting printer atau cetak terbalik ( kualitas Photo ).
  3. Siapkan bahan/kertas PVC (bukan PVC kaku) masukkan ke printer. Ingat, jangan sampai terbalik. Bagian yang di print adalah bagian yang tidak ada lapisan pelindungnya. ( atau yang kasar).
  4. Setelah Anda print tunggu hasil kering dahulu kira-kira 5-10 menit menit agar aman dan yakin 100% sudah kering.
  5. Tempelkan kedua kertas yang Anda cetak tadi dengan PVC yang tebal, buka pelindung plastiknya terlebih dahulu.
  6. Set suhu laminator menjadi 100 derajat, apabila panas laminator sudah tercapai maka masukkan ID Card PVC yang sudah dilengketkan tadi, kemudian Anda dinginkan dulu -+ 1-2 Menit.
  7. Potong menjadi 2 bagian dengan pemotong kertas atau cutter agar dapat masuk pada mesin plong.
  8. Ambil mesin plong ID Card dan plong ID Card yang sudah Anda potong tadi.
  9. Selesai. Anda bisa menambahkan jepit atau tali pada ID Card dengan cara memplong ID Card bagian atas menggunakan tang plong ID Card.

Semoga membantu.

Anda dapat memesan ID card PVC pada kami. Daftar harga lengkap dapat Anda lihat di sini.

2 thoughts on “Cara Membuat ID Card PVC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *