Bisnis Membuat Pin untuk Souvenir

Pin

Bisnis membuat Pin

Salah satu produk merchandise atau souvenir yang murah, paling umum dan cukup menarik adalah Pin. Ada banyak varian bentuk dan jenis pin, antara lain pin gantungan kunci, pin magnet, pin dasi, pin kartun, pin peniti dan lain sebagainya. Meski banyak jenis atau varian tetapi cara pembuatannya sama dan menggunakan alat yang sama pula, yaitu Press Pin. Yang membedakan adalah ukuran moulding yang digunakan. Untuk Pin dengan bentuk bulat, ada beberapa ukuran diameter moulding, yaitu 32 mm (paling kecil), 44 mm, 58 mm dan 75 mm. Secara umum yang paling sering digunakan adalah moulding diameter ukuran 44 mm dan 58 mm.

Bisnis membuat Pin ini masih terbuka luas karena peminat yang banyak dan harganya yang sangat terjangkau. Selain itu modal yang diperlukan juga tidak seberapa banyak, hal ini tentu relatif karena tergantung kemampuan modal yang berbeda-beda untuk tiap orang.

Secara garis besar perlengkapan dan kebutuhan lain yang diperlukan untuk bisnis membuat pin ini adalah sebagai berikut :

  1. Komputer/PC atau laptop (Rp. 3 juta – 8 juta)
    Komputer digunakan untuk membuat desain Pin, software pendukung antara lain Photoshop dan Corel Draw.
  2. Printer (Rp. 1 juta – 4 juta)
    Printer yang direkomendasikan adalah merk Epson. Sampai dengan tulisan ini dibuat, seri yang lumayan bagus dengan harga terjangkau adalah Epson T13. Mengapa memilih Epson? Silahkan baca Artikel ini.
  3. Press Pin (Rp. 2,5 juta – 4 Juta)
    Dengan uang senilai Rp. 2,5 juta, Anda akan mendapatkan Press pin dengan 1 moulding (Merk Talent)
  4. Round Cutter (Rp. 75.000 – 150.000)
    Alat untuk memotong kertas menjadi lingkaran. Sebenarnya alat ini tidak harus punya, tapi cukup membantu dan membuat proses menjadi lebih cepat. Apabila tidak memiliki alat ini, Anda bisa menggunakan gunting biasa.
  5. Laminator (Rp. 750.000 – 1 juta)
    Alat ini berfungsi untuk membantu melekatkan laminasi pada Pin. Sebenarnya laminator juga tidak wajib dimiliki tetapi dengan bantuan laminator maka daya lekat laminasi lebih merata.

Untuk bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  1. Kertas HVS atau Inkjet
    Pin dapat diprint di atas kertas HVS atau jika ingi hasil yang lebih bagus dapat menggunakan kertas inkjet
  2. Bahan Pin
    Bahan Pin bisa dibeli ditoko souvenir yang menyediakan
  3. Laminasi
    Laminasi ada beberapa macam, antara lain : laminasi kanvas, doff, hologram dan lain-lain. Laminasi ini merupakan pelapis pada pin agar terlihat semakin menarik. Sebenarnya tanpa laminasi pun juga tidak masalah karena kebanyakan plastik pelindung sudah dapat ketika beli bahan.

Nah, dari semua hal yang sudah dijelaskan di atas tentu ada tantangan tersendiri yang paling penting, yaitu bagaimana cara memasarkan produk. Anda bisa membuat kartu nama, brosur, fan page, website dan lain-lain.

Selamat berbisnis mebuat Pin untuk souvenir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *